Teknik Pembuatan Batik

Teknik membuat betik terbagi menjadi 4, apa sajakah itu, berikut kami paparkan penjelasannya.

  1. Batik Tulis

Batik tulis adalah salah satu cara membuat batik yang digunakan secara manual menggunakan tangan dengan alat bantu canting untuk menerapkan lilin pada corak batiknya. Dan cara pembuatan batik tulids ini dengan melukiskan sebuah pola pada kainnya dengan memakai tangan saja, alat-alat yang diperlukan antara lain adalah hanya Canting, Gawangan, Wajan, kauli, Anglo, Tipas/ Tepas. Pembuatan batik tulis ini sangat memerlukan kesabaran dan ketelitian yang tinggi karena setiap titik dalam motif akan berpengaruh pada hasil akhirnya. Motif yang dihasilkan dengan batik tulis tidak pernah sama persis. Kerumitan batik tulis yang menyebabkan harga batik tulis relatif mahal dibanding yang lain. Jenis batik tulis ini seringkali dipakai raja, serta para bangsawan sebagai simbol kemewahan.

  1. Batik Cap

Batik cap adalah salah satu batik yang dibuat dengan menggunakan cap atau alat yang semacam stempel motif batik yang dibuat dari tembaga. Cap nya  sendiri digunakan untuk menggantikan fungsi dari canting tersebut sehingga dapat mempersingkat waktu pembuatan batik. Batik cap itu dapat dihasilkan dari proses pencelupan semacam alat yang dibuat dari tembaga yang sudah dibentuk sedemikian rupa pada kain. Motif batik cap dapat dianggap kurang memiliki nilai seni karena semua motifnya sama persis loo. Harga batik cap tergolong murah karena dapat dibuat secara masal.

  1. Batik Printing

Batik printing atau yang biasa disebut juga dengan batik sablon ini, karena semua proses pembatikan jenis batik ini sangant mirip dengan proses penyablonan. Motif batik ini sudah di buat dan desain di print saja di atas alat offset/sablon, sehingga bisa sangat memudahkan pengerjaan batik khususnya pewarnaan bisa langsung dilakukan dengan alat ini.

  1. Batik kombinasi cap dan tulis

Batik Kombinasi yaitu (Tulis dan Cap) adalah batik yang dibuat dengan tujuan  mengurangi kelemahan-kelemahan yang terdapat pada produk batik cap, seperti misal motif besar dan seni coretan yang tidak dapat dihasilkan dengan tangan manusia. Dalam proses nya pembuatan batik kombinasi ini memerlukan beberapa persiapan-persiapan yang cukup rumit, terutama pada penggabungan motifnya yang bisa ditulis dan motif capnya, sehingga efisiensinya cukup rendah (hampir sama dengan batik tulis) dan nilai seni produknya sendiri disamakan dengan batik cap. Adapun proses pembuatannya pun melalui tahap Рtahap persiapan, pemulaan (untuk motif besar), pembatikan (motif yang tidak dapat dicap), pencapan, pewarnaan, pelorodan dan yang terakhir penyempurnaan.

Beli Baju Batik dan kain batik berkualitas dengan harga terjangkau di https://batik-s128.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *