Cara Beli Tiket KA Offline dan Online

PT Kereta Api Indonesia (Persero) kembali menggunakan kereta api jarak jauh (KAJJ) dan kereta api lokal reguler untuk umum mulai 12 Juni 2020. Direktur Komersial KAI Maqin Norhadi mengatakan penumpang yang ingin membeli tiket kereta dapat memesannya secara online dan membelinya langsung di stasiun atau offline. Tiket dapat dipesan secara online melalui aplikasi KAI Access dan saluran online lainnya mulai dari pemberangkatan kereta D-7. Sedangkan penjualan tiket di loket stasiun dilakukan mulai 3 jam sebelum waktu pemberangkatan kereta. Calon penumpang atau orang yang ingin menggunakan kereta harus menyertakan kelengkapan dokumen yang dipersyaratkan sesuai dengan Surat Edaran Satgas Covid-19 nomor 7 tahun 2020. Misalnya anda dari jakarta ingin ke tegal tentu harus membeli tiket kereta jakarta tegal.

Dokumen harus diperlihatkan kepada petugas saat naik pesawat. Ketentuan tersebut meliputi penyajian sertifikat uji PCR dengan hasil negatif yang terjadi selama 7 hari atau sertifikat uji cepat dengan hasil non reaktif yang terjadi selama 3 hari setelah pemberangkatan. Juga tunjukkan surat keterangan bebas flu seperti flu dari rumah sakit / dokter puskesmas untuk daerah yang tidak mempunyai fasilitas PCR dan / atau rapid test. Penumpang juga harus mengunduh dan mengaktifkan aplikasi Care Protect di perangkat seluler mereka.

Cara membeli tiket kereta secara offline

1. Pergi ke stasiun terdekat

Cara membeli tiket kereta api secara offline, pertama Anda harus pergi ke stasiun terdekat yang melayani penjualan tiket.

2. Datangi petugas loket

Saat Anda tiba di stasiun, langsung menuju ke kantor tiket kereta. Sebutkan stasiun keberangkatan, stasiun tujuan, tanggal keberangkatan dan jumlah penumpang. Karyawan akan mengetik dan memproses pembelian tiket kereta.

3. Karyawan memberikan daftar harga dan waktu keberangkatan

Kemudian, petugas akan menunjukkan daftar harga dan jadwal pemberangkatan. Waktu keberangkatan dan kereta yang dikirim masih tersedia.

4. Pilih sesuai jadwal yang Anda inginkan

Yang harus Anda lakukan adalah memilih kereta dan waktu yang Anda inginkan dari petugas tiket. Usahakan untuk mempersiapkannya sebelum ke loket tiket agar tidak memilih jadwal yang terlalu lama.

5. Lakukan pembayaran

Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah membayar petugas loket sesuai harga yang ditentukan oleh agen. Cobalah membayar dengan jumlah uang yang tepat untuk menghemat waktu.

6. Dapatkan bukti pembayaran atau kode booking

Langkah terakhir, seperti tiket online, Anda akan menerima kode booking yang akan dicetak pada hari keberangkatan.

Cara membeli tiket kereta secara online

1. Transaksi pembelian tiket melalui KAI Access

Untuk pengguna layanan kereta, beli tiket secara online melalui KAI Access. Aplikasi ini juga menyediakan cara untuk mengembalikan uang dan menjadwal ulang tiket. Cara mengakses KAI Access adalah dengan mendownload aplikasi KAI Access di Google Play atau App Store terlebih dahulu di smartphone. Kemudian, daftar dengan membuat akun di aplikasi.

2. Transaksi pembelian tiket melalui halaman resmi KAI

Tiket kereta api bisa dibeli secara online melalui situs resmi PT KAI di kai.id. Setelah masuk website, di sebelah kiri ada menu pesan tiket. Atur pemesanan tiket mulai dari stasiun pemberangkatan, stasiun tujuan, tanggal pemberangkatan, hingga jumlah penumpang.

3. Hubungi contact center 121

Anda juga dapat membeli tiket melalui telepon di 121. Anda kemudian akan menghubungi petugas yang Anda butuhkan. Jangan lupa untuk memberikan e-KTP dan identitas Anda untuk kelancaran proses pembelian tiket kereta.

4. Pembelian tiket di saluran penjualan lain

PT KAI juga menjalin kerja sama dengan beberapa saluran penjualan tiket lainnya, seperti supermarket, khususnya Indomaret dan Alfamart. Anda dapat melakukan transaksi pembelian tiket dengan partner KAI ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *