Bagaimana Cara Diet OCD yang Benar? Berikut Penjelasannya!

Bagi Anda yang ingin memiliki tubuh langsing karena sekarang ini sedang mengalami obesitas, diet merupakan pilihan yang murah dibandingkan dengan melakukan olahraga beban atau ikut sanggar senam berlangganan. Diet atau menjaga pola makan dapat dilakukan tanpa biaya dan tetap akan memberikan hasilnya jika Anda melakukannya dengan sungguh-sungguh. Apalagi sekarang ini ada banyak panduan diet yang telah terbukti berkhasiat, salah satunya adalah diet OCD atau intermittent fasting. Diet cara ini semakin populer setelah diperkenalkan oleh seorang pembawa acara terkenal yaitu Deddy Corbuzier. Deddy sendiri pernah mengalami obesitas dan kini sudah bisa tampil dengan tubuh yang atletis karena juga melakukan diet dan olahraga. Bagaimana sih cara diet yang satu ini?

OCD merupakan cara diet yang lebih menekankan pola atau jadwal makan sehari-hari dibandingkan dengan menu makanannya. Inilah yang membuat OCD berbeda dengan diet pada umumnya. Jika diet lain selalu memilih-milih makanan. OCD bahkan tidak memberikan pantangan selama makanan tersebut menyehatkan. Pola diet mirip dengan pola puasa bagi umat muslim dengan jadwal makan dan menahan lapar yang tetap dan harus dipatuhi. Dalam OCD dikenal istilah jendela makan dimana Anda memiliki waktu dalam hitungan jam untuk makan apa saja sesuai keinginan dalam waktu tersebut dalam satu hari. Sisanya berarti Anda harus berpuasa atau menahan lapar dan hanya boleh mengkonsumsi air putih saja.

Agar semakin jelas, berikut ini adalah step by step cara melakukan diet intermittent fasting yang tepat:

  1. Jendela makan pertama.
    Jendela makan pertama adalah 16:8 dimana Anda memiliki waktu makan selama 8 jam dalam satu hari dan waktu puasa selama 16 jam dalam satu hari. Misalnya 8 jam makan diambil dari pukul 06.00 hingga pukul 14.00 maka setelah pukul 14.00 hingga pukul 06.00 pagi keesokan harinya Anda tak boleh makan apapun kecuali air putih saja. Lakukan jendela makan ini selama 2 minggu.
  2. Jendela makan kedua.
    Jendela makan kedua adalah 18:6 dimana waktu makan menjadi hanya 6 jam dan waktu puasa menjadi 18 jam dengan aturan yang sama. Lakukan jendela makan ini juga selama 2 minggu.
  3. Jendela makan ketiga.
    Jendela makan ketiga adalah 20:4 dimana waktu makan hanya 4 jam saja dan waktu puasa 20 jam. Tahapan ini bisa dilakukan selama 2 minggu sebelum masuk ke tahapan berikutnya jika dibutuhkan.
  4. Makan satu kali sehari.
    Pada tahapan ini Anda hanya makan satu kali saja setelah itu berlanjut dengan puasa selama 24 jam dan hanya boleh mengkonsumsi air putih.

Anda tidak harus melakukan semua tahapan dan bisa hanya melakukan tahapan ke satu dan kedua saja. Pilihannya tergantung pada seberapa cepat Anda ingin mengurangi berat badan dan seberapa kuat tubuh Anda untuk menyesuaikan diri. Jika dirasa tahapan tiga terlalu berat misalnya, maka Anda bisa melakukan hingga tahapan dua saja sampai mendapatkan berat badan yang diinginkan.

Hingga kini banyak orang yang sudah berhasil melakukan diet OCD dan memiliki berat badan ideal. Diet ini bukan hanya efektif untuk menurunkan berat badan namun juga untuk mempertahankannya. Selama melakukan diet, Anda bisa makan apa saja, namun alangkah lebih baiknya jika memperbanyak makanan yang sehat seperti buah dan sayur dan tetap makan makanan beragam lainnya. Bagi Anda yang sudah mencoba berbagai cara untuk langsing namun belum berhasil, saatnya mencoba OCD Diet mulai sekarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *